PENERAPAN GAME CORRONA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENGENALAN PERALATAN DASAR LABORATORIUM KIMIA DI KELAS X SMKN 1 MOJOANYAR

Sri Hidayati

Abstract


Materi pengenalan peralatan dasar laboratorium kimia merupakan salah satu materi untuk mata pelajaran Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia (TDPLK). Materi ini diberikan kepada peserta didik di jenjang SMK kelas X untuk kompetensi keahlian kimia analisis. Pada materi ini, peserta didik dituntut untuk mengenal nama alat-alat yang terdapat di laboratorium kimia, dari alat gelas, alat non gelas serta alat penunjang lainnya. Selain mengenal nama alat, mereka juga dituntut untuk mengetahui fungsi setiap alat sehingga mereka akan lebih mudah melakukan dalam melakukan praktikum lanjutan di laboratorium kimia. Tuntutan ini menjadi lebih sulit karena sebagian besar alat yang ada di laboratorium merupakan alat yang baru mereka kenal. Sehingga diperlukan media menarik untuk mempermudah pengenalan alat dasar laboratorium kimia yaitu berupa game CORrONA-COcokno gambaR kaRO NAma (jawa-red). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan (3x45 menit). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X KA 1 SMKN 1 Mojoanyar tahun pelajaran 2019/2020. Data hasil tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas pada siklus I sebesar 70 dengan 73% peserta didik  mencapai KKM, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai kelas meningkat sebesar 80 dengan 88% peserta didik mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar juga terjadi untuk hasil belajar afektif maupun psikomotor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan game CORRONA mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


game corrona; alat dasar laboratorium kimia; smk kimia analisis

Full Text:

PDF

References


Annurwanda, Pradibta. (2018). The Effect of Teams Games Tournament on Mathematics Self-Efficacy in Junior High Schools. SHS Web of Conferences 42. Retrieved from https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200079.

Clapson, M.L., Gilbert, B. C. T. & Musgrove, A. (2020). Race to the Reactor and Other Chemistry Games: Game-Based and Experiential Learning Experiences in Materials and Polymer Chemistry. Journal of Chemical Education. 97 (12). 4391-4399. DOI: 10.1021/acs.jchemed.0c01135. Retrieved from https://dx.doi.org/10.1021/acs.jchemed.0c01135.

Devries, David L. (1976). Teams-Games-Tournament: A Gaming Technique That Fosters Learning. Simulation & Games. 7(1). 21-33.

Efron, S.E & Ravid, R. (2013). Action Research In Education: A Practical Guide. New York: The Guildford Press.

Erawati, Ni Ketut & Suwarsini, Ni Made. (2019). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Dengan Permainan Dalam Matematika. Jurnal Matematika. 9(2). 85-93. DOI: 10.24843/JMAT.2019.v09.i02.p114.

Falahudin, Iwan. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. 1(4). Paper ini dipresentasikan pada Lokakarya Regional Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI) Provinsi Banten, Patra Jasa Anyer Beach Resort, Serang, 10 – 11 November 2014. 104-117.

Henning, J.E., Stone, J.M & Kelly, J.L. (2009). Using Action Research to Improve Instruction: An Interactive Guide for Teachers. New York: Taylor & Francis Routledge.

Hidayat, Rahmat. (2018). Game-Based Learning: Academic Games sebagai Metode Penunjang Pembelajaran Kewirausahaan. Buletin Psikologi. 26 (2). 71-85. DOI: 10.22146/buletinpsikologi.30988. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi.

Ifenhaler, D., Eseryel, D. & Ge, Xun. (2012). Assessment in Game Based Learning: Foundations, Innovations and Prespectives. New York: Springer Science + Business Media.

Kayak, N. & Yamak, H. (2016). Picture Chem: Playing a Game To Identify Laboratory Equipment Items and Describe Their Use. Journal of Chemical Education. DOI: 10.1021/acs.jchemed.5b00857. Retrieved from pubs.acs.org/jchemeduc.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Luo, Yu-Jy, et.all. (2020). The Effect of Team-Game-Tournaments Application Towards Learning Motivation and Motor Skills in College Physical Education. Sustainability. 1-12. DOI: 10.3390/su12156147. Retrieved from www.mdpi.com/journal/sustainability.

Maire, N. V. L. et all. (2017). Clash of Chemists: A Gamified Blog To Master the Concept of Limiting Reagent Stoichiometry. Journal of Chemical Education. 95(3). 410-415. DOI: 10.1021/acs.jchemed.7b00256. Retrieved from pubs.acs.org/jchemeduc.

Nadrah, dkk. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) and Students’ Motivation toward Physics Learning Outcome. International Education Studies. 10 (2). Retrieved from ies.ccsenet.org.

Norton, Lin S. (2009). Action Research In Teaching And Learning : A Practical Guide to Conducting Pedagogical Research in Universities. New York: Taylor & Francis Routledge.

Putri, V.V.E & Asrori, M. A. R. (2019). Pemanfaatan Digital Game Based Dengan Media Aplikasi KAHOOT.IT Untuk Peningkatan Interaksi Pembelajaran. Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. 16(2). 141-150.

Republika.co.id. (2011, 4 Mei). ITS Luncurkan Game Pendidikan. Diakses pada 12 Maret 2021 dari https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/05/04%0D%09/lko2dj-its-luncurkan-game-pendidikan.

Sinulingga, P, Hartanto, T.J & Santoso, B. (2016). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. 2(1). 57-64. Retrieved from e-Jurnal: http://doi.org/10.21009/1.

Vitianingsih, Anik Vega. (2016). Game Edukasi Sebagai Media PembelajaranPendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM. 1(1).

Yakin, R.Q, Suwindra, I.N.P & Mardana, I.B.P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak-Gerak Lurus Beraturan, Berubah Beraturan, dan Jatuh Bebas. JPPF. 8(2). 21-30.




DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

         

 

Tool Manuscript:

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.